5W 1H Tentang Copywriting

Content Writing dan Copywriting. Dua jenis pekerjaan ini mirip, tapi tidak sama. Keduanya bergulat seputar pekerjaan tulis-menulis. Tapi ada perbedaan mendasar diantara dua jenis pekerjaan ini.

Perbedaan Content Writing dan Copywriting

Perbedaan utama antara Content writing dan copywriting terletak pada tujuan untuk apa tulisan tersebut. Content Writing, dilakukan untuk memberi pembaca informasi yang terperinci sehingga melibatkan mereka dalam mencari pengetahuan detil tentang topik tertentu. Sementara, copywriting adalah tentang mencari perhatian khalayak secara cepat dan segera dan dengan cara menjual nilai sesungguhnya dari sebuah merek dan atau produk dan layanannya dalam perspektif yang lebih sempit.

Menulis konten (Content Writing) berarti menuliskan isi dari sebuah informasi tentang perusahaan dan atau produk serta layanannya secara terperinci. Gaya penulisan seperti ini dimaksudkan untuk membantu merencanakan strategi pemasaran untuk merek dan atau produk dan layanan mereka.

Konten yang berkualitas dimaksudkan untuk menarik perhatian dari pembaca potensial. Penulisan konten yang berkualitas juga bertujuan untuk memberi edukasi pada pembaca tentang apa yang ingin ditawarkan oleh perusahaan, baik itu produk dan atau layanan.

Tentang Copywriting, Seperti Apa Itu?

Jika menulis konten adalah membuat luas sebuah ide atau gagasan, copywriting adalah kebalikannya. Tujuan akhir dari copywriting adalah menjual ide melalui media kata-kata.

Jadi, motif utama copywriting adalah menciptakan konten menarik dan bernilai tinggi yang murni ditujukan untuk menghadirkan merek yang ada di pasaran. Seni copywriting dengan demikian melibatkan penggunaan kata-kata dengan cermat sedemikian rupa sehingga mendorong seseorang untuk mengambil tindakan setelah merasa yakin.

Menjadi copywriter, atau mengerjakan copywriting itu gampang-gampang susah. Gampangnya, semua orang bisa menulis, bukankah begitu?

Susahnya, tidak semua tulisan bisa diformulasikan, ditransformasikan menjadi copywriting. Atau bahasa sederhananya; tidak semua tulisan bisa menarik minat pembaca, mempengaruhi mereka sehingga bisa mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

5W 1H tentang Copywriting

Untuk memahami lebih baik tentang copywriting, ada baiknya kamu ketahui 5W1H tentang copywriting berikut ini:

copywriting,tentang copywriting,menulis copywriting,perbedaan content writing dan copywriting,perbedaan content writer dan copywriter,copywriting adalah,5w1h,5w1h adalah

Why

Mengapa (harus ada) copywriting?

Copywriting adalah teknik penulisan dengan tujuan praktis. Copywriter bertujuan untuk memberi tahu pembaca, membujuk mereka untuk mengubah pandangan mereka atau mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Kebanyakan copywriter menulis untuk tujuan komersial. Untuk mendorong pembaca melakukan pembelian atau mencoba produk.

What

Apa saja yang dibuat melalui copywriting?

Copywriter menyediakan konten untuk iklan (siaran dan cetak), slogan dan tagline, situs web, brosur, leaflet, surat langsung, email pemasaran, artikel, panduan pengguna, skrip video dan banyak lagi.

Beberapa orang menggunakan kata “copywriter” untuk merujuk secara khusus kepada mereka yang membuat konsep dan konten untuk iklan.

When

Kapan seorang copywriter itu bekerja?

Karena copywriter berurusan dengan ide, mereka paling baik terlibat sejak awal. Mereka dapat mengidentifikasi konsep, tema, topik, atau frasa yang membentuk pondasi suatu proyek.

Namun, copywriter juga dapat menambahkan banyak nilai dengan melihat konten baru yang telah dibuat orang sebelumnya.

Where

Dimana/di bidang apa copywriter itu bekerja?

Dalam pengaturan perusahaan dan agensi, copywriter bekerja / menjadi mitra dari seorang perancang grafis (graphic designer), perancang web, pengembang web,  manajer pemasaran, tenaga penjual dan lainnya.

Jika bekerja sebagai freelancer, mereka bekerja secara langsung dengan klien atau bisa juga melalui agen. Copywriter secara alami berkumpul di area pekerjaan dengan industri kreatif yang kuat. Tetapi secara teori, mereka dapat bekerja di bidang apa saja.

Who

Siapa yang bisa menjadi copywriter?

Tidak ada kualifikasi resmi untuk menjadi copywriter. Siapa pun yang dapat menulis dan memenuhi kebutuhan klien mereka dapat menjadi copywriter.

How

Bagaimana seorang copywriter itu bekerja?

Seperti semua penulis, seorang copywriter cukup membutuhkan perlengkapan berikut: komputer dan perangkat lunak pengolah kata. Mereka juga tak pernah lupa membawa alat tulis untuk menuliskan ide-ide dasar dari apabila hendak membuat slogan kampanye.

Sebagian besar copywriter bekerja secara iteratif, merevisi pekerjaan mereka beberapa kali – dalam menanggapi komentar klien. Mereka juga kadang bekerja atas inisiatif mereka sendiri ketika mereka bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil pekerjaan yang sudah mereka buat.

Syarat menjadi copywriter yang baik.

Setiap copywriter itu berbeda. Tetapi untuk menjadi copywriter yang baik setidaknya harus memenuhi unsur-unsur berikut ini:

  • Literal (melek informasi dan pengetahuan),
  • responsif (mampu menangkap tren atau informasi terkini),
  • kreatif (mampu menerjemahkan isu-isu yang aktual menjadi karya kreatif),
  • humoris (tidak mutlak, tapi banyak pembaca yang lebih senang dengan konten yang menggelitik)
  • serta harus disiplin (mampu memenuhi tenggat waktu yang diberikan klien).

Beberapa copywriter memiliki spesialisasi berdasarkan pengalaman mereka. Beberapa yang lain senang menulis semuanya.

Tulisan ini juga dimuat di Kompasiana

One Comment

  1. Pingback: Himam Miladi - Creative Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *