Panduan Menulis Jurnal Ilmiah Untuk Pemula

Referensi

Tidak ada satu pun ide yang benar-benar murni. Satu ide selalu lahir dari ide-ide sebelumnya. Masyarakat ilmiah adalah masyarakat yang sangat menghargai kejujuran ilmiah. Sejauh kita masih bisa mencapai asal munculnya sebuah pernyataan ilmiah, wajib bagi kita untuk menuliskan sumber rujukannya.

Menuliskan sumber referensi dalam jurnal ilmiah tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada konsensus internasional yang mengaturnya, yakni menurut APA (American  Psychologial Association) atau MLA (Modern Language Association).

menulis jurnal ilmiah,panduan menulis jurnal ilmiah,teknik menulis jurnal ilmiah,cara menulis jurnal ilmiah internasional,penulisan jurnal ilmiah,membuat jurnal ilmiah,membuat jurnal ilmiah dari skripsi,penulisan jurnal ilmiah,menulis makalah ilmiah,teknik menulis skripsi
Sumber gambar: unsplash.com/Matt Ragland

Berikut beberapa contoh penulisan referensi menurut APA yang penggunaannya lebih banyak pada ilmu-ilmu sosial, edukasi, engineering (keahlian teknik) dan bisnis.

> Buku, satu penulis

Penulisan dalam teks :

(Smirnov, 2006)

Penulisan Daftar Pustaka :

     Smirnov, V.A. (2006). Feynman Integral Calculus. New York: Springer.

> Buku, dengan lebih dari satu penulis

Penulisan dalam teks :

(Atkins & Friedman. 2005)

Penulisan Daftar Pustaka :

     Atkins, P. & Friedman, R. (2005). Molecular Quantum Mechanics (4th ed.). New York: Oxford University Press Inc.

  • » Untuk buku edisi pertama, tidak perlu dicantumkan (1st ed.)
  • » Penulis lebih dari lima orang, dituliskan nama penulis pertama, kedua, ketiga, kemudian selanjutnya ditulis “et al.”
> Buku, online

Penulisan dalam teks :

(Reed, 1922)

Penulisan Daftar Pustaka :

     Reed, J. (1922). Ten days that shook the world. Project Gutenberg. Etext 3076. Diakses 12 Januari 2020, dari ftp://ibiblio.org/pub/docs/books/gutenberg/etext02/10daz10.txt

  • » Setelah URL (alamat web) tidak diakhiri dengan tanda titik (.)
> Pidato, seminar akademis, ceramah kuliah (kelas)

Penulisan dalam teks :

(Santoso,2009)

Penulisan Daftar Pustaka :

Santoso, Budi (2009, April 14). Ceramah Kuliah (Statistical Physics). Universitas Nasional. Jakarta, ID

> Halaman web, disertai nama penulis (asli maupun julukan/’nick name’)

Penulisan Dalam teks :

(Lipson, 2004)

Penulisan Daftar Pustaka :

Lipson, C. (2004). Advice on getting a great recommendation. Diakses 1 Februari 2020, dari http://www.charleslipson.com/courses/Getting-a-good-recommendation.htm

Untuk masing-masing jenis referensi, terdapat dua bentuk penulisan. Yang dimaksud “Penulisan Daftar Pustaka” adalah jika setiap referensi yang dijadikan rujukan dikumpulkan menjadi satu dalam tempat khusus (misal ‘catatan kaki’) atau bahkan lembar khusus. Sedangkan penulisan “Dalam teks” adalah jika referensi yang dimaksud dicantumkan langsung dalam kalimat yang berkenaan dengannya.

Konklusi

Ada mahasiswa bertanya tentang pembuka artikel atau ‘hook (kait)’ yang pernah saya tulis di blog.

“Apakah dalam jurnal/jurnal ilmiah diperbolehkan membuka artikel dengan kutipan atau pembuka artikel yang lebih populer lainnya?”

Jawabannya: Ya.

Silahkan saja membuka artikel jurnal ilmiah dengan kait yang populer, yang membuat pembaca tidak mengalihkan pandangan dari teks dalam tulisan yang kita buat. Selama format keseluruhan dari jurnal ilmiah yang kita buat tidak melanggar konsensus atau standar bakunya.

Ketepatan dan ketelitian penerapan norma dan konvensi ini seharusnya berfungsi hanya agar analisis dan interpretasi kita berada dalam jalur yang tepat sesuai standar yang sudah ditentukan. Konsensus ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemikiran kita, bukan mengendalikannya.

Prinsip-prinsip dimana struktur esai akademik itu sendiri dirancang untuk menjadi disiplin yang membebaskan pemikiran kita dalam dunia akademis, bukan menaklukkannya. Di dalam konvensi-konvensinya terdapat potensi kreatif tak terbatas yang satu-satunya tuntutan, adalah kita dapat mengatakan sesuatu yang berarti yang dapat membujuk orang lain melalui logika kita sendiri.

2 Comments

  1. Pingback: Prinsip Dasar Menulis Esai Akademik | Penulis Konten

  2. Pingback: Cara Membuat Microblogging di Instagram | Penulis Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *