5 Cara Optimasi Google Bisnisku

Bagi pemilik usaha  yang ingin bisnisnya ditemukan pelanggan di hasil pencarian Google, optimasi Google Bisnisku dengan konten yang akurat sangat penting dan sebuah keharusan. Detail informasi yang dicantumkan seperti nomor telepon, situs web (bila punya), foto, dan jam operasi bisnis akan menentukan informasi apa yang dilihat konsumen di Google Search dan Google Maps.

Pemilik bisnis perlu mengendalikan daftar Google Bisnisku milik mereka untuk memastikan informasi bisnis terbaru ditampilkan secara online. Ini berarti mereka harus membuat atau mengklaim daftar bisnis di Google Bisnisku dan mengoptimasi konten Google Bisnisku untuk memastikan akurasi dan meningkatkan visibilitas.

Berikut  5 cara  optimasi Google Bisnisku

cara optimasi google bisnisku,langkah optimasi google bisnisku,google bisnisku,optimasi seo google bisnisku,daftar google bisnisku,cara mengklaim google bisnisku,tips optimasi google bisnisku,

1. Klaim dan buat daftar Google Bisnisku

Untuk mengetahui apakah suatu bisnis sudah ada di daftar Google Bisnisku, carilah nama bisnis tersebut di Google. Jika ada hasil yang cocok dan tautan “Apakah Anda Pemilik Bisnis” terlihat, kita dapat mengklaim listing bisnis tersebut dengan mengikuti tautannya, masuk ke Google, mencari nama bisnis, dan meminta verifikasi.

Namun, jika hasil pencarian yang cocok tidak menampilkan tautan “Apakah Anda Pemilik Bisnis”, maka ada orang lain yang telah mengklaim bisnis tersebut.  Bicaralah dengan mitra, pemilik, atau pemasar yang terlibat dengan bisnis ini untuk mencari tahu siapa yang telah mengklaim listing tersebut.

Periksa ulang apakah ada akun Google lain yang tertaut ke bisnis. Jika Anda tidak tahu siapa yang memverifikasi cantuman, Anda harus melalui Bantuan Google untuk mendapatkan akses.

Buat daftar Google Bisnisku yang baru

Jika bisnis kita ternyata tidak terdaftar sama sekali di Google, maka kita bisa membuat akun Google Bisnisku yang baru. Anda bisa membuatnya melalui tautan Google My Business ini. Namun, untuk lebih mudahnya, Anda bisa membuat akun Google Bisnisku lewat aplikasi yang bisa kita unduh gratis di Google Play Store.

Pastikan detil informasi Google Bisnisku benar dan akurat

Salah satu manfaat utama dari klaim dan pemantauan daftar Google Bisnisku adalah untuk mencegah penyebaran rincian bisnis yang salah atau tidak konsisten. Karena setiap pengguna Google bisa mencantumkan tempat apapun dan di manapun sekehendak mereka.

Setelah cantuman bisnis diklaim dan diverifikasi, periksa kembali apakah informasi kontak, alamat fisik, dan foto secara akurat mewakili lokasi dan jenis usaha kita. Informasi utama yang harus dicantumkan adalah:

  • Nama bisnis
  • Alamat bisnis
  • Nomor Telepon bisnis
  • Jam operasional bisnis

Pastikan juga informasi tersebut tidak sering berubah. Ingat, konsistensi informasi bisnis adalah salah satu aturan utama SEO lokal. Jadi, penting untuk memastikan semuanya konsisten di seluruh website yang kita miliki  dan dengan listing lainnya.

Pilih Kategori Bisnis yang Akurat

Google Bisnisku mengakomodir hampir semua kategori bisnis. Pengguna Google Bisnisku juga bisa memilih kategori bisnis lebih dari satu. Meskipun mungkin tergoda untuk memilih kategori sebanyak mungkin, penting bagi pemilik bisnis untuk hanya memilih kategori yang benar-benar berlaku untuk bisnis mereka yang sebenarnya.

Salah mengartikan kategori bisnis online dapat membahayakan peringkat bisnis, belum lagi pelanggan potensial yang merasa seperti mereka ditipu.

Misalnya bisnis kita adalah berjualan baju anak, kita mungkin tergoda untuk menambahkan kategori baju wanita dewasa, dengan maksud untuk menarik perhatian pelanggan dari segmen bisnis tersebut. Namun, alih-alih bisa menggaet pelanggan potensial, kemungkinan besar apabila bisnis kita tampil di hasil pencarian baju wanita, dan ternyata pelanggan mendapati kita menjual baju anak, peringkat bisnis kita akan jatuh.

Unggah Gambar produk atau jasa yang Berkualitas Tinggi

Foto yang diunggah ke daftar Google Bisnisku ditampilkan di samping hasil pencarian dan membentuk kesan awal konsumen terhadap suatu bisnis. Bisnis yang menyertakan foto mendapat 42% lebih banyak permintaan untuk petunjuk arah mengemudi, dan rasio klik per tayang meningkat sebesar 32%.

Jika kita tidak mengunggah foto resmi, Google dapat menampilkan foto yang diunggah oleh publik. Tentu saja hal ini harus dihindari karena kita tidak bisa memilih foto publik yang berkualitas.

Pengguna Google Bisnisku juga dapat merekomendasikan gambar pilihan dan foto sampul untuk menemani hasil pencarian. Namun, Google hanya akan menggunakan gambar yang disarankan itu jika mereka secara akurat mewakili bisnis dan memberikan visual yang bermanfaat bagi konsumen yang ingin mengunjungi lokasi toko.

Karena itu, pastikan foto atau gambar yang diunggah benar-benar mewakili jenis usaha atau produk yang kita tawarkan. Jangan mengunggah gambar atau foto apapun selain logo bisnis atau foto produk.

Tambahkan Deskripsi Singkat

Untuk menambahkan deskripsi singkat ini, Anda bisa masuk menu Info di Google Bisnisku. Jelaskan bisnisnya dengan kalimat yang mudah dimengerti sehingga calon pelanggan tahu apa yang ditawarkannya.

Sesuaikan pula deskripsi ini dengan tujuan yang hendak dicapai. Apakah tujuannya untuk membuat lebih banyak konsumen menelepon, mencari petunjuk arah mengemudi ke toko atau mengunjungi situs web untuk informasi lebih lanjut.

Jangan mengisi kolom deskripsi untuk tujuan optimasi untuk mesin pencari. Karena deskripsi bisnis yang kita tempatkan dapat memengaruhi seberapa sering calon pelanggan tergerak untuk mengambil tindakan.

Demikian tadi cara optimasi konten Google Bisnisku. Apakah Anda mengklaim daftar Google Bisnisku yang sudah ada atau membuatnya dari awal, gunakan tips dan cara optimasi Google Bisnisku di atas untuk memastikan informasi yang akurat muncul di lain kali seorang konsumen mencari.

Buat pelanggan senang, buat Google senang, dan tingkatkan visibilitas lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *