Mulailah Dengan Kata-Kata

Dalam sebuah kelas pelatihan di Google Gapura Digital, sebelum menyampaikan materi saya mengatakan pada peserta bahwa sebenarnya saya lebih baik menulis 10 ribu kata daripada harus bicara satu menit. Bukan karena saya gugup, atau tidak terbiasa berbicara di depan umum. Tapi saya lebih percaya kekuatan sebuah tulisan daripada pembicaraan.

Tulisan adalah adalah monumen akal yang abadi.

Mulailah dengan kata-kata, karena monumen akal yang berupa tulisan bisa bertahan ribuan tahun tanpa kehilangan satu patah kata atau huruf pun. Sebuah tulisan memiliki kekuatan untuk mengilhami, mengajar, menghibur, memimpin atau menghubungkan satu orang dengan yang lainnya.

Kita bisa melihat betapa ide-ide politik dan religius dari Voltaire berada dalam arus utama Masa Pencerahan Prancis dan memberi sumbangan secara substansial terhadap Revolusi Prancis. Kita juga bisa melihat bagaimana tulisan Niccolo Machiavelli mampu menginspirasi begitu banyak jenderal, pemimpin atau diktator dunia.

Di era yang lebih modern, buku-buku motivasi laris manis bak kacang goreng. Kita mungkin pernah membaca seri Chicken Soup atau buku The Secrets. Para motivator terkenal yang sering tampil di televisi juga tak ketinggalan ikut menerbitkan berseri-seri buku motivasi.

Meskipun mereka sudah punya panggung sendiri di layar televisi atau media sosial yang bisa menjangkau jutaan pemirsa, toh mereka tetap merasa perlu menuliskan kalimat demi kalimat motivasi yang mereka rangkai dalam sebuah buku.

mulailah dengan kata-kata,monumen akal,kata-kata,kata-kata yang dapat menghibur,kata-kata inspirasi,kata bijak,kata-kata motivasi,

Mulailah dengan kata-kata yang ada di dalam diri kita.

Kata-kata yang mungkin dapat mengubah dunia. Kata-kata yang dapat menghibur dan menyenangkan orang lain. Kata-kata yang dapat mengajar dan meningkatkan pengetahuan. Tetapi kata-kata ini hanya dapat melepaskan kekuatan mereka ketika kita menulis dan membagikannya.

Itu sebabnya saya menulis di blog, di Kompasiana, atau di media digital manapun juga, dan lebih menghargai tulisan daripada tontonan. Itu sebabnya hingga saat ini saya masih enggan untuk ngevlog di saat banyak orang (termasuk teman-teman sesama blogger) tergoda rayuan untuk menjadi YouTuber.  Dan itu sebabnya saya percaya bahwa dunia membutuhkan lebih banyak orang yang menemukan keberanian untuk mempublikasikan karya tulis mereka

Mulailah dengan kata-kata yang membuat milyaran orang mengeklik sebuah situs.

Banyak blogger, penulis dan siapapun yang memiliki website terobsesi dengan desain mewah, tata letak responsif, dan skrip HTML yang bisa melakukan hal-hal ajaib. Tetapi alat yang paling kuat di web masih kata-kata. Bahkan bagi seorang blogger fotografi, dia masih membutuhkan kata-kata tertulis untuk menjelaskan hasil karyanya.

Tulisan adalah keajaiban yang menakjubkan.

Saya menulis kata-kata ini, dan kalian membacanya: itu adalah keajaiban yang menakjubkan.

Saya sedang berada di kota kecil di Jawa Timur; kalian mungkin berada di tempat lain, di belahan bumi yang lain. Saya menulis artikel ini di zona waktu Indonesia Barat, kalian membacanya di zona waktu yang berbeda. Saya menulis ini di laptop; kalian mungkin sedang membacanya di ponsel, tablet atau desktop.

Saya dan kalian dapat terhubung karena saya menulis artikel ini dan kalian membacanya.  Terlepas dari lokasi, perangkat, dan zona waktu yang berbeda, kita dapat terhubung di sini, pada halaman blog bersama (yang sederhana) ini.

Mulailah dengan kata-kata dan bagikan pada dunia.

Pikirkan semua hal yang dapat kita komunikasikan melalui tulisan yang kita bagikan di media digital. Jika kita seorang pebisnis, kita bisa menjual sesuatu. Jika kita seorang guru, kita bisa mengajarkan sesuatu. Jika kita seorang seniman, kita dapat menunjukkan karya seni yang sudah kita buat. Dan jika kata-kata kita baik dan bijak, orang akan membacanya.

Bagikan pekerjaanmu. Bagikan pengetahuanmu. Bagikan tulisanmu. Mulailah dengan kata-kata dalam satu halaman. Dan temukan cara untuk bisa menjadi bagian dari orang yang bisa menginspirasi dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *