4 Tips Memilih Media Sosial Yang Tepat

Bisnis tanpa media sosial seperti membuka toko tanpa papan nama

Dari yang semula ditujukan untuk menghubungkan orang ke orang, media sosial berkembang menjadi alat pemasaran digital yang efektif. Hingga saat ini, ada lebih dari 3 milyar pengguna media sosial dengan berbagai platform. Fakta tersebut menjadi sebuah alarm tersendiri bagi setiap pebisnis, bahwa memilih media sosial yang tepat penting bagi pertumbuhan bisnis mereka.

Meski begitu, banyak pebisnis yang gagal memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran mereka. Itu karena mereka tidak memiliki strategi dan perencanaan yang matang dalam pemasaran digital melalui media sosial.

Tips Memilih Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis Anda

Berikut beberapa tips memilih media sosial dan jenis konten yang cocok bagi bisnis Anda.

1. Pilih Platform yang Tepat

Media sosial adalah alam semesta yang sangat luas. Satu kesalahan dasar dari para pemilik usaha adalah mereka tidak memiliki prioritas media sosial mana yang seharusnya mereka tekuni terlebih dahulu. Banyak pebisnis yang menjalankan lebih dari dua media sosial sekaligus.

Padahal tidak semua media sosial cocok dengan bisnis kita, baik itu dilihat dari skala maupun kategori bisnisnya. Karena itu, penting bagi pebisnis untuk memilih media sosial yang tepat, mengembangkannya sampai mapan dan sesuai dengan tujuan bisnis, baru kemudian membangun media sosial yang lain. Jangan menjalankan dua atau lebih media sosial secara bersamaan.

Cari tahu di mana audiens bisnis Anda berada, dan dapatkan platform itu terlebih dahulu. Berikut beberapa informasi tentang jenis audiens di setiap platform, dan apa yang terbaik untuk mereka:

tips memilih media sosial yang tepat untuk bisnis,memilih media sosial,media sosial yang tepat untuk bisnis,media sosial,media sosial yang cocok untuk bisnis,jenis konten yang tepat untuk bisnis,media sosial yang cocok untuk bisnis kecil

2. Jangan Terus Mempromosikan Diri

Kesalahan lain dari pebisnis dalam menggunakan media sosial adalah mereka cenderung terus dan hanya mempromosikan diri. Pelanggan akan bosan dan kehilangan kepercayaan pada merek Anda jika Anda terus-menerus memposting tentang betapa hebatnya Anda, dan seberapa hebat produk Anda. Kedengarannya palsu.

Lihatlah brand-brand terkenal yang Anda kagumi. Mereka tidak sering membunyikan klakson untuk menjual produk/layanan mereka. Tentu, senang sekali memposting tentang pencapaian, produk, atau layanan Anda sesekali, tetapi pastikan itu diselingi dengan konten berkualitas.

Pelanggan Anda perlu alasan untuk mengikuti merek Anda di media sosial. Bukan hanya mendengar Anda berbicara tentang diri sendiri sepanjang waktu.

Take and give, memberi dan menerima. Pengikut atau pelanggan Anda sudah memberi Anda waktu dan perhatian. Beri mereka alasan untuk tetap mengikuti dengan konten yang berharga, bukan hanya promosi produk/layanan saja.

Gunakan media sosial untuk mempromosikan konten Anda – ciptakan hal-hal yang ingin dilihat oleh audiens Anda.

Berikut adalah beberapa ide untuk konten yang bukan promosi sendiri:

tips memilih media sosial yang tepat untuk bisnis,memilih media sosial,media sosial yang tepat untuk bisnis,media sosial,media sosial yang cocok untuk bisnis,jenis konten yang tepat untuk bisnis,media sosial yang cocok untuk bisnis kecil

Jika ragu, aturan umum adalah 80:20. 80% konten, 20% promosi.

Ingat: konten adalah raja & ratu!

3. Jangan memposting sesuatu yang tidak sesuai dengan merek Anda.

Ingat, ketika Anda memposting di media sosial, Anda mewakili merek Anda, bukan diri Anda sendiri. Jadi, jangan bagikan sembarang gambar postingan jika tidak cocok dengan merek Anda. Bila perlu, pisahkan akun pribadi dengan akun bisnis.

4. Tunjukkan sisi humanis

Meskipun Anda harus tetap setia pada merek Anda (seperti di atas), penting untuk menunjukkan sisi manusiawi Anda.

Audiens lebih senang melihat proses dan orang-orang yang terlibat dalam proses tersebut. Beri sentuhan humanis dalam beberapa postingan Anda di media sosial: cerita tentang karyawan hingga hewan peliharaan. Ini bisa memberi Audiens sesuatu yang lain untuk tetap terhubung dengan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *