3 Kata Mutiara BJ Habibie Yang Menginspirasi Generasi Milenial

Bagi anak sekolah tahun 80-90an, tak ada tokoh bangsa yang paling diidolakan selain B.J Habibie. Malah pengenalan mereka terhadap Habibie jauh melampaui realita kehidupan aslinya.

Banyak anak-anak sekolah yang menggambarkan Habibie sebagai orang paling jenius se-Indonesia. Beberapa teman saya bahkan mengklaim Habibie sebagai penemu pesawat terbang. Tak sedikit pula teman yang mengisahkan Habibie sebagai sosok ulama sekaligus cendekiawan muslim terkemuka di dunia. Hingga seandainya ada sensus yang menanyakan apa cita-cita anak sekolah era tahun 80-90an, nama B.J. Habibie bisa dipastikan ada di urutan pertama sebagai tokoh panutan.

Demikian harumnya nama B.J. Habibie, ini semua tak lepas dari sumbangsih yang beliau berikan pada bangsa dan rakyat Indonesia. Baik dari sisi keilmuan maupun melalui perannya sewaktu menjabat sebagai Presiden RI.

Profil BJ Habibie

Habibie adalah orang Indonesia pertama yang diakui keahliannya dalam bidang aeronautika. Suatu bidang yang saat itu terdengar sangat asing di telinga rakyat Indonesia. Habibie mengawali disiplin ilmunya tersebut di Fakultas Teknik Mesin Universitas Indonesia Bandung (kini Institut Teknologi Bandung/ITB). Usai lulus, Habibie langsung melanjutkan kuliah di studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat. Di situlah Habibie menerima gelar diplom ingeniur dan doktor ingeniur dengan predikat summa cum laude.

Nama besar Habibie muncul dan terkenal sewaktu diminta pulang untuk kemudian ditunjuk presiden Soeharto menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek). Habibie dikenal lewat gebrakannya memperkenalkan “Visi Indonesia” yang bertumpu pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam industri-industri strategis. Lompatan visioner yang sekilas mirip dengan The Great Leap Forward versi Mao Zedong.

Habibie adalah Menristek dengan masa jabatan paling lama dalam sejarah pemerintahan Indonesia. Habibie tercatat menjadi Menristek dalam 3 periode Kabinet, yakni mulai Kabinet Pembangunan V (1983-1988) hingga Kabinet Pembangunan VII (1993-1998).

Masa Pemerintahan Presiden BJ Habibie

Saat Soeharto dipilih kembali oleh MPR sebagai Presiden RI periode 1998-2003, Habibie diminta menjadi wakilnya menggantikan Try Soetrisno. Namun, jabatan ini tidak berumur lama. Usai Soeharto diturunkan lewat gerakan people power, Habibie pun naik menjadi Presiden RI ke-3.

kata mutiara bj habibie,kata bijak habibie, kata-kata mutiara bj habibie,kata-kata bijak habibie,bj habibie,habibie,bj habibie meninggal dunia,

Habibie mewarisi jabatan tersebut saat negara sedang dalam kondisi kacau balau. Krisis moneter yang terjadi di banyak negara termasuk Indonesia, ancaman disintegrasi bangsa, serta aksi kerusuhan yang terjadi di beberapa daerah sebagai imbas dari kacaunya perekonomian negara. Namun, itu semua berhasil disolusikan Habibie melalui berbagai kebijakan politik dan ekonomi yang diterapkannya.

Dalam masa jabatannya yang sangat singkat, setidaknya Habibie berhasil meletakkan pondasi pembangunan yang bisa menghindarkan bangsa ini dari ancaman perpecahan. Melalui penerapan Undang-undang Otonomi Daerah,  gejolak disintegrasi yang diwarisi sejak era Orde Baru berhasil diredam dan akhirnya dituntaskan di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Habibie adalah seorang visioner yang pandangannya jauh melompat ke depan, melampaui wawasan sebagian besar rakyat Indonesia. Tak heran apabila di masa awal reformasi, kebijakan politik dan ekonomi yang pernah dilakukan Habibie mendapat penilain negatif. Namun seiring berjalannya waktu, banyak pihak yang kemudian sadar dan mengapresiasi pemerintahan Habibie.

Perjalanan hidup BJ Habibie menginspirasi banyak orang. Pandangan hidupnya, falsafah kehidupannya menjadi teladan bagi masyarakat. Kata mutiara BJ Habibie yang menginspirasi dikutip, dibagikan sebagai pengingat dan contoh akan sumbangsih dan peran serta kehidupan beliau dalam khasanah kebangsaan.

kata mutiara bj habibie,kata bijak habibie, kata-kata mutiara bj habibie,kata-kata bijak habibie,bj habibie,habibie,bj habibie meninggal dunia

Kata Mutiara BJ Habibie yang Menginspirasi bagi Generasi Milenial

Berikut beberapa kata mutiara BJ Habibie yang menginspirasi bagi generasi milenial, dikutip dari berbagai sumber:

kata mutiara bj habibie,kata bijak habibie, kata-kata mutiara bj habibie,kata-kata bijak habibie,bj habibie,habibie,bj habibie meninggal dunia

Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita.

Jadilah anak muda yang produktif, sehingga mejadi pribadi yang profesional dengan tidak melupakan dua hal yaitu iman dan takwa.

Ketika seseorang menghina anda, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabisan banyak waktu untuk memikirkan anda, bahkan ketika anda tidak memikirkan mereka. 

11 September 2019, rakyat Indonesia berduka. Guru bangsa itu telah tiada. Selamat Jalan Pak Habibie, namamu akan harum terkenang sepanjang masa.

2 Comments

  1. Pingback: Kata Mutiara Bj Habibie | Kamu bisa maximal

  2. Pingback: Kata Bijak Habibie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *