Panduan Menjalankan Kampanye Instagram Giveaway

Ketika Instagram diluncurkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada Oktober 2010, ia menggemparkan dunia media sosial. Sejak saat itu, aplikasi berbagi foto yang populer ini telah berkembang pesat melampaui 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Wajar jika kemudian para marketing dan perusahaan mendedikasikan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk menggunakan Instagram sebagai alat membangun merek mereka. Namun, dengan kerumunan audiens yang mencapai 1 miliar dan kompetisi pemasaran antar merek yang sangat ketat, tentu sulit bagi setiap perusahaan dan pemasar untuk bisa menarik perhatian pengguna Instagram. Apalagi jika produk, layanan atau merek mereka terbilang baru lahir.

Salah satu strategi yang efektif untuk menarik perhatian sekaligus meningkatkan keterlibatan pemirsa dan menumbuhkan pengikut Anda adalah dengan kampanye Instagram Giveaway. Hadiah adalah cara yang bagus untuk memulai percakapan online tentang merek Anda tanpa terlalu berpromosi.

Keuntungan Instagram Giveaway

keuntungan kampanye instagram giveaway,instagram giveaway,cara membuat instagram giveaway,langkah membuat instagram giveaway,kampanye instagram giveaway,strategi instagram giveaway,panduan menjalankan kampanye instagram giveaway,cara menyelenggarakan instagram giveaway

1. Meningkatkan Brand Awareness

Strategi marketing ini juga memungkinkan Anda membangun brand awareness (kesadaran merek). Bahkan, menurut Tailwind, akun Instagram yang menjalankan kontes reguler bisa tumbuh 70 kali lebih cepat.

Misalnya merek Anda terhitung baru dan belum banyak dikenal pasar. Dengan menyelenggarakan Instagram Giveaway, ini memungkinkan ada pengguna yang melacak akun Instagram Anda tanpa benar-benar menekan tombol “follow”.

Ketika mereka tahu bisa mendapatkan produk gratis atau hadiah tertentu hanya dengan menekan tombol “follow” dan menandai teman-temannya, mereka cenderung melakukannya. Dan orang-orang yang diberi tag pada posting Anda segera menerima pemberitahuan.

Pada gilirannya, ini akan memperluas jangkauan dan membantu merek Anda terhubung dengan audiens baru yang sebelumnya mungkin tidak menyadari keberadaan merek Anda tersebut.

2. Meningkatkan keterlibatan audiens

Keuntungan lain dari kontes dan kampanye Instagram Giveaway adalah bisa meningkatkan keterlibatan audiens. Penelitian oleh Tailwind juga menunjukkan bahwa Instagram Giveaway mendapatkan sekitar 64X lebih banyak komentar dan 3,5X lebih banyak suka dibandingkan dengan konten lainnya.

3. Akses ke konten yang dibuat pengguna

Kampanye Instagram giveaway juga menyediakan akses ke harta karun konten yang dibuat pengguna (user generated content). Misalnya, ketika Anda menjalankan kontes selfie, Anda dapat dengan mudah menggunakan kembali entri kontes ini di halaman Instagram Anda sendiri.

Orang-orang yang memenangkan kontes atau hadiah dan kemudian ditampilkan di halaman Anda merasa dihargai. Ini, pada gilirannya, akan memperkuat kesetiaan dengan mendorong mereka untuk menjadi pendukung yang loyal.

Dalam menyelenggarakan Instagram giveaway, konsep paling umum yang digunakan adalah:

Pihak penyelenggara menawarkan produk gratis kepada audiens, dan meminta mereka untuk melakukan satu atau lebih dari hal-hal berikut:

  • Suka dan / atau bagikan posting
  • Gunakan tagar tertentu (biasanya tagar yang identik dengan produk atau merek)
  • Beri tag/mention teman mereka di bagian komentar
  • Ikuti akun Instagram penyelenggara

Selain konsep umum ini, penyelenggara giveaway juga sering menambahkan elemen kompetitif berupa kontes atau kompetisi tertentu. Misalnya:

  • Meminta peserta untuk mengunggah foto selfie yang menampilkan produk.
  • Meminta peserta untuk mengunggah foto tematik
  • Meminta peserta untuk berpendapat tentang  topik yang sudah ditentukan
  • Meminta peserta untuk ikut serta dalam jajak pendapat/survei.

Elemen kompetitif ini biasanya ditambahkan penyelenggara sebagai syarat untuk menang.

Langkah Menjalankan Kampanye Instagram Giveaway

Untuk menjalankan kampanye Instagram giveaway, ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu:

2. Tentukan tujuan kampanye

Ada berbagai ide Instagram giveaway  yang dapat Anda pilih. Namun, pilihan Anda tergantung pada tujuan akhir yang ingin Anda capai melalui kampanye ini. Tujuan Ini akan menentukan aturan dan hadiah yang diberikan.

Apakah tujuannya untuk mendapat lebih banyak keterlibatan di posting Instagram Anda? Apakah Anda ingin menarik lebih banyak pengikut dan membangun kesadaran merek? Atau Anda ingin menghasilkan arahan untuk bisnis Anda?

Jawaban untuk pertanyaan ini akan menentukan ide Instagram giveaway mana yang harus Anda gunakan.

2. Deskripsi kontes yang detil dan transparan

keuntungan kampanye instagram giveaway,instagram giveaway,cara membuat instagram giveaway,langkah membuat instagram giveaway,kampanye instagram giveaway,strategi instagram giveaway,panduan menjalankan kampanye instagram giveaway,cara menyelenggarakan instagram giveaway

Setelah tujuan ditetapkan, langkah berikutnya adalah mengumumkannya di halaman akun Instagram Anda. Ini mengharuskan Anda untuk mengartikulasikan deskripsi komprehensif yang menguraikan hal-hal berikut:

  • Mode entri – Tentukan dengan jelas apa yang harus dilakukan pengguna untuk berpartisipasi dalam Instagram giveaway.
  • Tenggat waktu – Tetapkan tanggal akhir untuk menciptakan rasa urgensi dan mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam pemberian hadiah.
  • Kriteria dan aturan kelayakan – Jika Anda ingin menarik entri dari lokasi geografis tertentu atau menargetkan kelompok usia tertentu, pastikan Anda menentukannya dalam pengumuman Anda.
  • Hadiah – Jangan membuat kontes dengan mengelilingi hadiahnya dalam suasana misteri. Alih-alih, Anda menonjolkannya secara mencolok dalam pengumuman kontes untuk menarik lebih banyak kiriman. Tanpa hadiah yang menggoda, audiens Anda mungkin tidak merasa cukup termotivasi untuk berpartisipasi.
  • Pengumuman pemenang – Selain batas waktu, Anda juga harus menentukan tanggal dan waktu kapan Anda akan mengumumkan pemenang Instagram giveaway. Hal ini membuat audiens Anda terpaku pada profil akun Instagram Anda, sehingga memperkuat keterlibatan lebih jauh.

Anda juga harus memastikan bahwa pengumuman hadiah Anda mematuhi pedoman promosi Instagram.

Sebagai aturan, Anda harus menjelaskan bahwa Instagram tidak memiliki keterlibatan langsung dalam kampanye. Selain itu, Anda tidak boleh mendorong pemberian tag yang tidak akurat hanya untuk membangun merek. Misalnya, Anda dapat meminta peserta untuk menandai teman-teman mereka di bagian komentar dan tidak pada gambar yang digunakan untuk pengumuman giveaway.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *