Bisnis Lokal Harus Ada di Daftar Google Bisnisku

Saat kita membuat website, apakah itu layanan e-Commerce atau informasi tentang bisnis, mendapatkan perhatian pelanggan yang sedang mencari sesuatu di Google adalah langkah penting dalam strategi pemasaran digital. Salah satu cara tercepat dan termudah untuk melakukan ini adalah dengan menyiapkan daftar di situs direktori bisnis mesin pencari sendiri, yakni daftar Google Bisnisku.

Alasan Utama Bisnis Lokal Harus Punya Akun Google Bisnisku

Tak salah apabila sebagian besar profesional SEO yang berpengalaman menyarankan bahwa jika ingin memulai kesuksesan pemasaran digital, mulailah dengan membuat akun Google Bisnisku. Tidak seperti bentuk SEO yang lebih tradisional, Google Bisnisku dapat membuat bisnis kita terdaftar di Google segera setelah diverifikasi.

Salah satu perubahan fundamental dari algoritma mesin pencari Google (Google Search) adalah hasil pencarian lokal. Ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu dan Google menampilkan hasil pencarian, mereka akan melihat hasil yang relevan dalam bentuk (secara berurutan):

  • hasil pencarian berbayar (diperoleh dengan memasang iklan atau Search Engine Marketing/SEM).
  • Hasil pencarian lokal (listing bisnis lokal yang diperoleh dengan mendaftarkan bisnis pada Google Bisnisku)
  • hasil pencarian organik (diperoleh dengan Search Engine Optimation)
Google Bisnisku,Google My Business,listing Google Bisnisku,listing Google My Business,daftar Google Bisnisku,daftar Google My Business,cara membuat Google Bisnisku,cara mendaftarkan Google Bisnisku,cara mendaftarkan Google My Business,cara membuat akun Google Bisnisku,cara membuat akun Google My Business,cara mengklaim Google Bisnisku,cara mengklaim Google My Business

Mengapa Google memprioritaskan hasil pencarian lokal dibandingkan hasil pencarian organik?

Mesin pencari dibuat untuk pengguna, yang berarti mereka secara instan mencoba menemukan jawaban terbaik untuk permintaan pencarian dari penggunanya. Dan tahukah anda, sekarang ini, tren pencarian adalah yang mengandung kata kunci “terdekat”.

Google Bisnisku,Google My Business,listing Google Bisnisku,listing Google My Business,daftar Google Bisnisku,daftar Google My Business,cara membuat Google Bisnisku,cara mendaftarkan Google Bisnisku,cara mendaftarkan Google My Business,cara membuat akun Google Bisnisku,cara membuat akun Google My Business,cara mengklaim Google Bisnisku,cara mengklaim Google My Business
diolah dari Kleinperkins

Kita hidup di dunia yang digerakkan oleh bisnis lokal. Konsumen menginginkan sesuatu sekarang, mereka menginginkannya cepat, dan tentu saja sedekat mungkin. Google tahu hal ini, dan itulah sebabnya mereka fokus melayani hasil pencarian lokal. Seperti halnya (sebagian besar) konsumen yang fokus pada makanan dan berbelanja secara lokal.

Lihatlah hasil pencarian yang saya lakukan diatas. Saya hanya mencari kata “grosir kaos polos” dan Google langsung memberi saya hasil pencarian dengan lokasi yang paling dekat. Perhatikan bahwa saya bahkan tidak secara khusus meminta hasil di dekat saya.

Google Bisnisku, cara cepat tampil di halaman pertama Google.

Tapi algoritma Google berasumsi bahwa saya sedang mencari sesuatu dalam jarak berkendara karena mengutamakan kenyamanan berdasarkan perilaku konsumen yang diamati. Meskipun Google menyukai hasil pencarian berdasarkan ulasan sebuah tempat, Google lebih menyukai faktor kedekatan. Google berusaha untuk memprioritaskan lokasi terdekat dari suatu bisnis, baik di daftar bisnis maupun di website bisnis, konten, dan pos media sosial.

Itulah mengapa daftar Google Bisnisku sering (dan hampir pasti) ditampilkan di atas hasil pencarian organik, dan itu adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat pengunjung ketika mengakses Google. Setiap bisnis lokal yang memiliki akun Google Bisnisku bisa tampil di halaman pertama, bahkan tanpa harus bersusah payah membuat website sendiri atau melakukan praktik SEO. Dengan begitu, keberadaan bisnis tersebut bisa dengan mudah dilihat oleh pelanggan potensial yang sedang mengakses Google.

Sekilas tentang Google Bisnisku

Google Bisnisku (Google My Business) adalah alat gratis yang disediakan Google untuk setiap pemilik bisnis supaya mereka bisa mengelola keberadaan bisnis mereka secara online di mesin pencarian Google. Sejak dibuat pada 2014, alat gratis ini benar-benar sangat efektif untuk strategi digital marketing berbasis pencarian lokal.

Saat kita membuat akun Google Bisnisku, Google secara otomatis akan mengintegrasikannya dengan fitur hasil pencarian lokal dan Google Maps. Jika kita memverifikasi akun Google Bisnisku, Grafik Pengetahuan Google (Google’s Knowledge Graph) akan menggunakan informasi dari Google Bisnisku tersebut untuk membantu menghasilkan detail basis data tentang bisnis dan entitas terkait yang relevan dengan pencarian tertentu.

Google Bisnisku memungkinkan perusahaan memberi tahu Google informasi kontak dan detail perusahaan apa yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian, termasuk Google Maps. Pemilik bisnis juga dapat menggunakan platform tersebut untuk menanggapi ulasan pelanggan, berbagi foto, menawarkan produk, promosi, membuat acara, atau berbagi informasi lain melalui fitur postingan.

Karena itu, ketika hendak memulai bisnis dan ingin membuat kesan pertama yang baik pada calon pelanggan baru, mengelola keberadaan lokalnya secara online melalui Google Bisnisku adalah strategi pemasaran digital yang sangat penting. Seperti yang dikatakan Google, “bisnis dapat mengelola keberadaan online mereka di Google.”

Pastikan Keberadaan bisnis lokal Anda di daftar Google Bisnisku

Sebelum Google Bisnisku dapat dimanfaatkan untuk memperluas kehadiran lokal perusahaan, langkah pertama adalah membuat atau mengklaim daftar Google Bisnisku.

Apakah bisnis kita sudah ada di daftar Google Bisnisku? Jika sudah ada, bagaimana cara mengelolanya? Jika belum ada, bagaimana cara membuat listing Google Bisnisku yang baru?

Google sering membuat daftar bisnis secara otomatis berdasarkan informasi yang ditemukannnya secara online. Entah itu karena penambahan dari pengguna atau dari sistem pencarian internal Google sendiri.

Klaim atau Buat daftar Google Bisnisku yang baru.

Untuk mengetahui apakah suatu bisnis sudah ada di daftar Google Bisnisku, carilah nama bisnis tersebut di Google. Jika ada hasil yang cocok dan tautan “Apakah Anda Pemilik Bisnis” terlihat, kita dapat mengklaim listing bisnis tersebut dengan mengikuti tautannya, masuk ke Google, mencari nama bisnis, dan meminta verifikasi.

Namun, jika hasil pencarian yang cocok tidak menampilkan tautan “Apakah Anda Pemilik Bisnis”, maka ada orang lain yang telah mengklaim bisnis tersebut.  Cobalah masuk dengan akun Google apa pun yang mungkin terkait dengan bisnis itu, dan hubungi siapa pun yang mungkin telah mengklaimnya.

Jika bisnis kita ternyata tidak terdaftar sama sekali di Google, maka kita bisa membuat akun Google Bisnisku yang baru. Anda bisa membuatnya melalui tautan Google My Business ini. Namun, untuk lebih mudahnya, Anda bisa membuat akun Google Bisnisku lewat aplikasi yang bisa kita unduh gratis di Google Play Store.

3 Comments

  1. Pingback: Himam Miladi - Creative Content Writer

  2. Pingback: Himam Miladi - Creative Content Writer

  3. Pingback: Himam Miladi - Creative Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *