Cara Menggunakan Google Classroom untuk Belajar Online

Di tengah pandemi virus corona, pemerintah memutuskan untuk meliburkan sekolah. Meski begitu, siswa diharapkan tetap belajar dengan model belajar online.

Ada banyak platform belajar online. Salah satunya yang paling mudah, ringan dan cocok untuk proses belajar mengajar adalah Google Classroom.

Google Classroom adalah aplikasi gratis yang disediakan Google untuk membantu para guru atau tenaga pendidik lainnya dalam proses belajar mengajar. Proyek Google Classroom mulai diumumkan secara resmi pada 6 Mei 2014, sebagai bagian dari program G-Suite for Education. Pada Januari 2015, Google meluncurkan Google Classroom dalam versi aplikasi seluler.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Sebagai bagian integral dari G Suite, aplikasi ini mengikat Google Drive, Google Docs, Google Sheets and Slides, dan Gmail secara bersama-sama untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan.

Untuk bisa menggunakan Google Classroom, guru dan siswa harus punya akun Google agar bisa terhubung. Setelah masuk menggunakan akun Google, kita bisa membuat kelas, atau bergabung dengan kelas yang sudah dibuat oleh pengguna lain (dalam hal ini adalah guru yang menggunakan Google Classroom).

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Belajar Online

Berikut cara menggunakan Google Classroom untuk Belajar Online:

Membuat Kelas Pembelajaran di Google Classroom

Buka alamat : https://classroom.google.com dan login dengan user dan password akun Google pribadi atau akun Google Suite For Education dari Institusi pendidikan/lembaga/sekolah. Untuk penggunaan dari perangkat seluler, unduh dan pasang aplikasi Google Classroom, lalu masuk menggunakan akun Google.

Setelah masuk, klik ikon (+) di pojok kanan atas, lalu pilih “create class”.

cara menggunakan google classroom,belajar online dengan google classroom,belajar online,tips belajar online,platform belajar online,cara membuat kelas di google classroom
cara membuat kelas pembelajaran di Google Classroom

Setelah mencentang persetujuan, beri nama kelas (wajib), bagian, subyek/pelajaran hingga ruangan. Lalu tekan tombol “create”. Sekarang, kelas online sudah tersedia.

Supaya lebih menarik, Google sudah menyediakan berbagai tema pada beranda yang disesuaikan dengan jenis mata pelajarannya. Seperti tema olahraga, matematika, kesenian, atau bahasa dan sosial. Kita juga bisa membuat tema sendiri dengan cara mengunggah foto dari galeri pribadi.

Mengundang Siswa/Peserta Pembelajaran

Setelah kelas tersedia, berikutnya adalah mengundang siswa/peserta pembelajaran. Ada dua cara yang bisa kita pilih:

1. Menggunakan kode kelas

Kode kelas terdapat di bawah judul/nama kelas, berupa kombinasi angka dan huruf. Kode kelas ini kemudian kita berikan kepada peserta pembelajaran. Bisa lewat pesan WhatsApp atau dijadikan status/postingan di media sosial.

Peserta yang menerima kode kelas lalu memasukkan kode tersebut pada dashboard Google Classroom sehingga tergabung dengan kelas.

Cara ini efektif digunakan apabila pengajar tidak tahu alamat email peserta pembelajaran.

2. Mengirim Undangan Lewat Email

Cara kedua agar peserta bisa tergabung di kelas adalah dengan mengirim undangan lewat email. Untuk itu, pengajar harus tahu alamat email masing-masing peserta pembelajaran.

Silahkan klik halaman “People/Anggota” di bagian atas dashboard. Setelah itu muncul jendela berisi dua opsi: Kita mengundang orang lain sebagai “Teachers/Guru” atau sebagai “Students/Siswa”.

cara menggunakan google classroom,belajar online dengan google classroom,belajar online,tips belajar online,platform belajar online,cara membuat kelas di google classroom
cara mengundang peserta untuk bergabung di Google Classroom

Untuk bisa mengundang banyak orang sekaligus, masukkan alamat email masing-masing dan pisahkan dengan tanda koma (,) tanpa spasi. Klik tombol “Invite”.

Mengunakan Ruang Kelas

Ruang kelas Google Classroom terdiri dari 4 bagian: Stream (Forum), Classwork (Tugas Kelas), People (Anggota), dan Grades (Nilai).

Forum/Stream adalah halaman aktivitas yang menampilkan Pengumuman, Pertanyaan (diskusi), Materi (Bahan Pengajaran) dan Tugas yang diberikan guru. Di halaman ini, guru dan siswa bisa langsung saling berinteraksi.

Sayangnya, karena ini terintegrasi dengan email, setiap interaksi (meskipun hanya komentar) mendapat notifikasi email. Jadi, semakin banyak yang komentar kita juga banyak menerima email pemberitahuan.

Classwork (Tugas Kelas) adalah halaman yang digunakan untuk membuat tugas atau membuat materi pengajaran. Sedangkan Grades adalah halaman untuk pengaturan nilai dari setiap tugas kelas.

cara menggunakan google classroom,belajar online dengan google classroom,belajar online,tips belajar online,platform belajar online,cara membuat kelas di google classroom
contoh membuat tugas di Google Classroom

Cara Menggunakan Google Classroom sebagai siswa

Jika kita diundang lewat email, langsung saja klik “Gabung/Join”. Setelah itu, kita akan diarahkan ke dashboard Google Classroom.

Kita juga bisa menggunakan kode kelas yang diberikan guru. Caranya, buka alamat : https://classroom.google.com dan login dengan user dan password akun Google pribadi.

Klik ikon (+) di pojok kanan atas, lalu pilih “Gabung Kelas/Join Class”, lalu masukkan kode kelasnya.

Menyelesaikan Tugas di Google Classroom

Apabila guru memberi materi atau tugas, ini akan muncul di halaman forum. Silahkan klik tautannya, kita akan diarahkan ke halaman Tugas Kelas/Classwork.

Setiap tambahan file akan diintegrasikan dengan Google Docs atau Google Spreadsheet sehingga kita bisa mengeditnya secara langsung.

cara menggunakan google classroom,belajar online dengan google classroom,belajar online,tips belajar online,platform belajar online,cara membuat kelas di google classroom
Menyelesaikan tugas di Google Classroom

Jika tugasnya sudah selesai kita kerjakan, kita bisa menyerahkan dengan mengklik tombol “Serahkan/Assign”.

Kesimpulan

Dilihat dari sisi metode atau praktek belajar mengajarnya, Google Classroom lebih baik dan lebih metodis dari beberapa aplikasi pembelajaran lainnya. Aplikasi ini adalah ruang kelas non fisik. Semua yang terjadi di ruang kelas sesungguhnya bisa terjadi juga di Google Classroom.

Karena ini ruang kelas dunia maya, guru bisa menyematkan berbagai lampiran di “papan tulis”. Jika ada materi pelajaran berupa foto atau video, siswa bisa melihatnya secara langsung di “papan tulis” tersebut.

Di halaman forum/stream, guru bisa memindahkan materi atau tugas yang tergulir oleh komentar siswa ke bagian atas sendiri. Caranya, klik ikon menu (titik tiga), lalu pilih “pindahkan ke atas”. Dengan demikian, siswa tidak akan ketinggalan materi pelajaran/tugasnya.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan dan panduan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran online. Untuk panduan lengkapnya, silahkan unduh di tautan berikut ini:

Download Panduan Lengkap Google Classroom (pdf)

Selamat Mengajar, Semangat Belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *