7 Kata Bijak Albert Einstein Tentang Kreativitas dan Kesuksesan

Sewaktu kecil dulu, jika ditanya siapa orang paling pintar di dunia, jawabannya cuma satu: Albert Einstein. Ilmuwan Yahudi ini tak pelak menjadi lambang kejeniusan di abad ke-20.

Sekilas Tentang Albert Einstein

Albert Einstein adalah fisikawan paling berpengaruh dan ilmuwan paling terkenal yang pernah hidup. Einstein baru berusia 26 tahun ketika pada tahun 1905 dia menerbitkan empat makalah terpisah di bidang fisika yang membuat namanya meroket.

Di antara berbagai teori dalam makalahnya tersebut, yang paling terkenal dan fenomenal adalah teori relativitas khusus dengan persamaannya yang terkenal, E = mc². Singkatnya teori ini menyatakan bahwa materi dapat diubah menjadi energi. Teori ini pula yang dianggap sebagai pondasi dasar terciptanya bom atom atau bom nuklir.

Atas kontribusinya tersebut, Albert Einstein dianugerahi penghargaan Nobel Fisika pada 1921. Seiring popularitas kejeniusannya, nama Einstein kemudian menjadi identik dengan kejeniusan dan kreativitas. Oleh majalah TIME, Einstein dianggap sebagai Person of the Century pada tahun 1999.

Namun kejeniusan Einstein tidak hanya terbatas di bidang sains semata. Banyak kata bijak Einstein menunjukkan bahwa kebijaksanaannya meluas jauh melampaui bidang sains. Kata bijak Albert Einstein tentang kreativitas dan kesuksesan sering dikutip untuk memotivasi banyak orang, dan hingga berlalunya waktu, kata-kata tersebut masih sangat relevan.

7 Kata Bijak Albert Einstein Tentang Kreativitas dan Kesuksesan

Berikut 7 kata bijak Albert Einstein tentang Kesuksesan yang bisa kita jadikan bahan renungan.

1. Semua Orang Memiliki Keistimewaan

“Semua orang jenius. Tetapi jika Anda menilai seekor ikan dengan kemampuannya memanjat pohon, ia akan hidup seumur hidup dengan percaya bahwa itu bodoh.”

Ini salah satu kata bijak Einstein yang saya sukai. Maksud dari kutipan Albert Einstein ini adalah jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain.

Seperti yang dikatakan Albert Einstein, semua orang jenius. Setiap orang memiliki kejeniusan khas masing-masing. Karena itu, sangat tidak adil apabila kita membandingkan kemampuan satu orang dengan orang lain karena ini sama saja dengan menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon.

Sama dengan kesuksesan, setiap orang memiliki jalan masing-masing. Kita mungkin bisa meniru dan mengikuti jalan tersebut, tapi kita tidak akan pernah bisa meraih hasil yang sama. Yang penting adalah kita harus percaya bahwa jalan yang kita ambil tersebut bisa mengantarkan kita pada pintu gerbang kesuksesan.

2. Bekerja Keras Untuk Menjadi Lebih Berharga

“Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga.”

Kata bijak Einstein ini mengajarkan kita dua hal:

Pertama, Einstein mengajarkan kita untuk terus berusaha dengan keras mengasah bakat atau keterampilan yang kita miliki. Pedang besi menjadi tajam dan berguna karena ditempa oleh besi dan diasah ribuan kali.

Kedua, Einstein mengajarkan bahwa kerja keras yang kita lakukan hendaknya tidak dilakukan hanya karena mengejar kesuksesan, tapi lakukanlah supaya menjadi orang yang lebih berharga. Orang yang sukses itu selalu mengawali kerja kerasnya agar memiliki nilai manfaat bagi orang lain.

3. Jangan Mengharapkan Hasil yang Berbeda untuk usaha yang sama

“Kegilaan: adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil berbeda.”

Pernahkah kamu mengeluh bahwa usahamu tidak berkembang, dan selalu memberi hasil yang sama? Kata bijak Einstein ini memberi arti bahwa kita tidak bisa mengharapkan hasil yang lebih baik jika kita selalu memakai cara yang sama terus menerus.

Jangan takut untuk mencoba cara yang baru, yang berbeda dari sebelumnya. Jika ingin hidup kita berubah, kita juga harus berubah. Mengubah cara pikir, cara pandang dan cara melakukan sesuatu.

kata bijak albert einstein,kata bijak albert einstein tentang masa depan,kata-kata bijak albert einstein

4. Hiduplah untuk saat ini

“Saya tak pernah memikirkan masa depan–itu akan datang sesaat lagi.”


Boleh saja kita memikirkan rencana untuk hari-hari kedepan. Baik pula apabila kita merencanakan masa depan agar kehidupan kita lebih baik dari sekarang.

Meski begitu, hiduplah untuk saat ini. Jangan terobsesi dengan rencana dan masa depan hingga masa sekarang kita lewatkan begitu saja tanpa melakukan suatu kebaikan. Satu-satunya jalan agar hidup kita baik di masa depan adalah hidup dengan baik pada saat sekarang.

5. Jangan Takut Membuat Kesalahan

“Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru.”

Setiap orang yang sukses pernah membuat kesalahan. Setiap ilmuwan menemukan apa yang ia cari setelah melalui berbagai kesalahan.

Jangan takut membuat kesalahan. Dari kesalahan itu, kita bisa tahu apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu ditingkatkan. Dari kesalahan itu pula kita bisa tahu mungkin ada yang harus dikurangi.  Kesalahan-kesalahan dapat membantu kita menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih cerdas, jika kita bisa belajar darinya.

6. Sukses itu Sabar + Gigih

“Saya bukannya pintar, boleh dikatakan hanya bertahan lebih lama menghadapi masalah.”

Meskipun seseorang itu punya minat dan bakat yang kuat terhadap suatu hal, jika tidak ada kesabaran dan kegigihan yang mengiringinya selama perjalanan waktu, kesuksesan itu tidak akan datang.

Begitu pula dengan Einstein. Seandainya dia terlahir jenius sekalipun, dia tidak akan bisa menemukan teori relativitas jika dia tidak gigih dan bertahan lebih lama menghadapi masalah.

Cara paling pasti untuk sukses adalah dengan kesabaran dan kegigihan. Untuk terus berkarya, tidak peduli bagaimana perasaan kita.

7. Imajinasi itu kekuatan

“Imaginasi adalah segalanya. Imaginasi adalah penarik masa depan. Imaginasi lebih penting daripada pengetahuan.”

Setiap penemuan berawal dari imajinasi. Dulu, orang berimajinasi bisa terbang seperti burung. Akhirnya Wilbur Wright dan Oliver Wright menciptakan pesawat terbang.

Dulu, orang berandai-andai ada mesin yang bisa menghitung sendiri. Akhirnya Charles Babbage menciptakan komputer pertama.

Begitu pula dengan kesuksesan di bidang bisnis. Semua orang berimajinasi, membayangkan dan bermimpi punya bisnis yang besar.

Sebelum kita memasuki dunia kreativitas terlebih dahulu kita harus memasuki dunia imajinasi. Imajinasi dan kreativitas saling terkait erat. Imajinasi adalah memikirkan sesuatu yang tidak ada, sementara kreativitas adalah melakukan sesuatu yang bermakna dan selaras dengan imajinasi kita.

Nah, itu 7 kata bijak Albert Einstein tentang Kesuksesan dan Kreativitas. Semoga bermanfaat dan bisa memotivasi kreativitas kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *